My Blog

My WordPress Blog

bisnis

Cara Kerja Panel Surya Menjadi Listrik

Saat ini, dunia sedang mengalami kerusakan yang cukup parah karena penggunaan bahan bakar fosil yang terlalu tinggi. Untuk memahaminya dengan baik tentu harus tahu cara kerja panel surya itu sendiri. Hal ini juga harus diketahui khususnya Anda yang ingin memasangnya di rumah.

panduanteknisi.com

Cara Kerja Panel Surya Hingga Menghasilkan Listrik yang Bisa Dimanfaatkan Rumah Tangga

Lalu, bagaimana cara kerja panel surya menjadi listrik? Inilah penjelasannya secara sederhana dan mudah dipahami:

  1. Panel Surya akan Mengubah Foton Menjadi Arus Listrik

Pertama, panel surya ini akan mengubah foton menjadi arus listrik. Foton yang jatuh pada permukaan panel surya ini akan membuat foton tersebut kehilangan keseimbangan. Akhirnya, elektron akan terpisah dengan proton.

Proton akan kehilangan muatan dan pergerakan elektron ini akan membuat arus listrik yang cukup besar. Listrik yang dihasilkan adalah listrik DC.

  1. SCC akan Menyimpan Listrik DC yang Dihasilkan oleh Panel Surya

Kemudian, Solar Charger Controller atau SCC akan mengarahkan arus listrik DC ini disimpan di baterai. Ya, karena panel surya ini mengandalkan sinar matahari maka arus listriknya harus disimpan dengan jumlah yang cukup banyak.

Sebab, Anda pasti juga akan menggunakan listrik di malam hari bukan? Karena disimpan, Anda bisa menggunakannya baik saat malam hari atau saat cuaca sedang mendung.

Tidak hanya mengarahkan arus listrik DC ke baterai saja, SCC juga bisa mengalirkan langsung arus listrik ke beban secara langsung.

  1. Inverter akan Mengubah Listrik DC menjadi AC

Karena ada beberapa beban yang membutuhkan arus listrik AC maka juga diperlukan inverter. Alat yang satu ini akan mengubah arus listrik DC yang semula dihasilkan oleh panel surya menjadi arus listrik AC.

  1. Listrik Bisa Digunakan untuk Beban AC atau DC

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa panel surya dengan kolaborasinya bersama SSC, inverter, dan baterai maka bis menciptakan arus listrik AC dan DC. Jadi, apa pun peralatan elektronik Anda bisa digunakan baik siang atau pun malam setiap hari.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai cara kerja panel surya menjadi listrik yang harus diketahui bersama. Cara kerja ini harus benar-benar dipahami apalagi jika Anda ingin memasang panel surya sendiri di rumah. Segera hubungi penyedia sel surya dan mari ikut melestarikan alam dengan menggunakan energi terbarukan.

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *